cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
info.ejournal@undiksha.ac.id
Phone
+6281236933978
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl Udayana Kampus Tengah Singaraja Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Journal of Instruction
ISSN : -     EISSN : 27458628     DOI : https://doi.org/10.23887/iji
Core Subject : Social,
Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments. Studies may relate to any age level - from infants to adults. IJI, being an international journal, our editorial advisory board members are from various countries around the world. The articles sent to the Journal are always reviewed by two members of the Editorial Advisory Board (double blind peer review), and in some cases, if necessary, by another member of the Board. Depending on the evaluation reports of the members of the Editorial Advisory Board, articles are published or not. Article evaluation process takes approximately three months. The authors are responsible for the errors, if any, in their published articles. The articles need to be not published elsewhere previously.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): January 2020" : 5 Documents clear
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja Melalui Penerapan Teknik Mind Map I P. A. Y. Anggara Kusuma; I P. Wisna Ariawan
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.277 KB) | DOI: 10.23887/iji.v1i1.27819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar matematika melalui teknik mind map pada siswa kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pelaku tindakan, guru sebagai pengamat dan siswa kelas X MIPA 7 yang berjumlah 32 orang sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar matematika siswa untuk materi pertidaksamaan linier kuadrat dua variabel. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata skor dari hasil tes prestasi belajar matematika siswa. Selain itu dideskripsikan pula ketuntasan belajar dari setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal dihitung berdasarkan banyaknya siswa yang mencapai nilai tuntas berbanding dengan jumlah seluruh siswa dalam kelas. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Ditinjau dari rata-rata hasil tes prestasi belajar pada siklus I meningkat dari reflesksi awal 67,44 menjadi 74,84. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I masih di bawah KKM, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil tes prestasi belajar meningkat menjadi 79,16. Ditinjau dari ketuntasan belajar, peningkatan terjadi dari refleksi awal banyak siswa yang tuntas 16 orang (50,00%) meningkat pada siklus I menjadi 21 orang (65,63%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 26 orang (81,25%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik mind map dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Implementasi Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Reni Ayuda Petriah; I Nyoman Gita
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.493 KB) | DOI: 10.23887/iji.v1i1.27820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019 melalui implementasi  model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Tahapan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi. Sedangkan, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua  siklus I masing-masing adalah 17,67 dan 18,33  dengan kategori tinggi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas belajar siswa masing-masing adalah 20,67 dan 22,33 dengan kategori sangat tinggi. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I adalah 74,01 dengan ketuntasan klasikal 62,86% . Sedangkan rata-rata hasil evaluasi pada siklus II adalah 82,71 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe think pair share secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Portofolio untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI Aph C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019 Ni Luh Kusuma Dewi; Ni Nyoman Parwati
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.053 KB) | DOI: 10.23887/iji.v1i1.27824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI APH C SMK Negeri 1 Singaraja sebanyak 35 orang peserta didik pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Data hasil belajar peserta didik diambil melalui tes awal menggunakan soal uraian. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 6,17% dari 69,12% padda siklus I dan terakhir meningkat menjadi 75,29% pada siklus II. Pada siklus II, ketuntasan belajar peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Peningkatan terjadi melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan portofolio dengan penekanan pada: (1) pembelajaran berpusat pada peserta didik, (2) pembelajaran berbasis pada masalah sehari-hari, (3) pemberian bimbingan dan motivasi kepada siswa.
Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based L. M. Melalolin; N. M. S. A. Hartini; N. W. S. Mahayanti
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.091 KB) | DOI: 10.23887/iji.v1i1.27825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis recount text setelah diterapkan pendekatan pembelajaran genre based approach pada siswa kelas VIII-A7 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII-A7 yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data proses pembelajaran yang meliputi lembar observasi dan angket serta data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penulisan siswa tentang recount text. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan cara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis setelah adanya penerapan pendekatan genre based, hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai pada masing-masing siklus dimana jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat jika dibandingkan dengan hasil ­pre-test. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pre-test sebanyak 7 orang atau 21.87%, selanjutnya peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada siklus I yaitu sebanyak 21 orang atau 65.63% dan terus mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 25 orang tau 78.13%. Dengan demikian terjadi peningkatan angka rata-rata persentase dari ­pre-test ke siklus I sebanyak 56.26%, sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 12.5%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa genre based approach dapat meningkatkan keterampilan menulis recount text pada siswa kelas VIII-A7 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2018/2019.
Implementasi Kooperatif NHT Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam Wayan Fitri Suwandewi
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 1 (2020): January 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.488 KB) | DOI: 10.23887/iji.v1i1.27893

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam melalui implementasi model NHT pada Peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja,berjumlah 36 orang. pada siklus I aktivitas belajar siswa didapatkan secara klasikal 7,15 (aktif), dan 8,00 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan pada siklus I yaitu 83,3%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Jadi aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam.

Page 1 of 1 | Total Record : 5